Anda Perlu Berhati-Hati Saat Beli Obat Secara Online

Dalam hal memesan obat secara online, penting untuk melakukan penelitian yang baik sehingga Anda bisa membuat pilihan yang tepat. Kebanyakan orang lebih suka membeli obat secara online terutama karena sebagian besar apotek yang beroperasi melalui internet menjual obat lebih murah, terkadang apotek online bisa membuat biayanya jauh lebih rendah. Ikuti tips kami jika Anda ingin mengetahui cara mana yang terbaik untuk membeli obat dari apotek 24 jam online dan bagaimana cara menghindari penipuan online.

Periksa apakah apotek online meminta resep dari dokter Anda

Sebelum memutuskan untuk membeli secara online, verifikasi apakah apotek online tersebut memerlukan resep dari dokter Anda. Ini sangat penting karena jika Anda melewatkan langkah ini, Anda mungkin akan mendapatkan obat yang salah dan membuang uang Anda untuk sesuatu yang tidak berguna. Obat penenang, obat penghilang rasa sakit, steroid, stimulan tidak boleh dipesan secara online tanpa resep dokter. Namun, pengobatan alami tidak ilegal. Berikut ini contohnya: VigRX- suplemen tambahan untuk yang menderita disfungsi ereksi- mengandung bahan-bahan alami yang diketahui tidak menyebabkan risiko kesehatan. Berbeda dengan Viagra yang perlu diresepkan, perawatan ini tidak mengandung zat sintetis.

Pastikan apotek online tersebut adalah apotek berlisensi

Apotek online tidak jauh berbeda dengan apotek konvensional, dalam artian mereka sama-sama harus memberikan tingkat kualitas dan pelayanan yang baik. Periksa terlebih dahulu apakah apotek online tersebut berlokasi di negara Anda dan apakah apotik itu memiliki lisensi yang sah. Sertifikasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memungkinkan Anda untuk mengetahui apakah apotek online tersebut memiliki lisensi atau tidak.

Bersertifikat dan dipercaya oleh Pemerintah

Setelah Anda memeriksa bahwa apotek online memiliki lisensi, kunjungi situs web resminya dan cari segel persetujuan pemerintah. Ini berarti bahwa situs web tersebut telah sepenuhnya disetujui oleh pemerintah, khususnya BPOM sehingga sangat aman untuk memesan obat secara online. Demi mendapatkan sertifikasi, mereka harus bersedia dikunjungi oleh agen pemerintah yang akan mengevaluasi produk dan layanan yang mereka. Tim pemeriksa independen tersebutlah yang akan menentukan apakah situs tersebut berhak menerima sertifikasi persetujuan pemerintah atau tidak.

Jauhi penawaran yang tampaknya terlalu bagus dan kurang realisitis

Jika Anda biasanya membeli obat seharga seratus ribu tetapi Anda menemukan situs web yang menawarkan merek yang sama seharga sepuluh ribu, janganlah terburu-buru membeli obat tersebut. Ini biasanya berarti obat tersebut tidak disetujui oleh BPOM. Namun, ada jenis obat yang tidak memerlukan persetujuan BPOM. Pelajarilah obat-obatan yang tidak disetujui BPOM, atau periksalah nama obat yang akan Anda beli supaya Anda tahu, apakah obat tersebut boleh Anda beli, khususnya jika tanpa resep dokter. Saat Anda melihat penawaran online yang tampaknya terlalu bagus dan kurang realistis, hal terbaik yang harus dilakukan adalah membaca beberapa ulasan, terutama terkait produk baru.

Periksalah tanggal kedaluarsa obat sebelum membeli

Berhati-hatilah saat Anda membeli obat, karena tidak semua penjual obat jujur. Anda harus teliti dalam memeriksa apakah obat yang Anda beli sudah lewat masa kedaluarsa atau belum. Meski sebagian obat bisa saja masih aman dikonsumsi di luar masa berlakunya, sebaiknya Anda jauhi obat yang sudah dekat atau sudah melewati masa kadaluarsanya agar Anda atau anggota keluarga Anda yang mengonsumsi obat tersebut tetap aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *